Information: (1-647) 238-1897

History

IRECT berawal dari kegiatan Bible Study setiap bulan bersama Pdt. Joshua Lie di rumah Bp. Monty Winardi, 56-3500 South Millway, Mississauga. Pada awalnya, yaitu pada bulan Oktober 2000, peserta yang ikut hanyalah 3 pasutri. Akan tetapi Tuhan terus menambahkan jumlah peserta Bible Study ini sehingga dalam waktu kurang dari setahun, jumlahnya sudah mencapai sekitar 30 orang dewasa.

Melihat kerinduan yang besar dari para peserta untuk mempelajari dan mengenali Firman Tuhan, Pdt. Joshua Lie dan rekan-rekan mulai mendoakan dan menggumuli lebih serius kemungkinan memperoleh sebuah tempat yang lebih besar untuk kegiatan Bible Study tersebut. Namun di tengah perjalanan memahami kehendak Tuhan, kami disadarkan bahwa di samping Bible Study sebenarnya para imigran Indonesia, khususnya mereka yang baru tiba, membutuhkan Gereja yang bertradisi dan berdoktrin Reformed/Presbyterian di mana mereka dapat berbakti dan bertumbuh bersama. Kenyataan ini mendorong kami untuk mendoakan lebih sungguh dan memikirkan kemungkinan memulai sebuah Kebaktian Minggu berbahasa Indonesia.

Tuhan membuka jalan. Pastor Ian McWhinnie dan seorang anggota Majelis Glenbrook Presbyterian Church menawarkan kami ruang ibadah mereka untuk Kebaktian Minggu sore. Oleh karena itu, pada Minggu, 9 September 2001, Kebaktian Minggu Perdana IRECT dapat dilangsungkan di ruang ibadah Glenbrook Presbyterian Church, 3535 South Common Court, Mississauga, Ontario.

IRECT adalah nama yang terdaftar sebagai charitable organization di Canada. Sebelumnya kami memang lebih dikenal dengan nama Mimbar Reformed Injili Indonesia (MRII), Toronto. Hal ini disebabkan oleh afiliasi kami dengan Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) beberapa tahun lamanya. Tetapi sejak 14 Oktober 2007, IRECT secara resmi melepas afiliasinya dengan GRII dan menjadi Gereja yang mandiri. Sejak itu kami memakai nama IRECT saja.
 
Kami bersyukur pada Tuhan Pemilik Gereja yang oleh penyelenggaraan-Nya telah menyebabkan IRECT hadir dan menjadi sarana pertumbuhan iman bagi jemaat-Nya di wilayah Greater Toronto. Kami berharap agar keberadaan Gereja kami dapat menjadi berkat besar bagi orang-orang Indonesia yang bermukim di wilayah Greater Toronto secara khusus dan masyarakat Canada secara luas.